Wapres Panama ke Indonesia Bahas Kerja Sama Ekonomi

Wakil Presiden Panama, yang sekaligus menjabat sebagai menteri luar negeri, Isabel Saint Malo. (Foto: AFP).

Jakarta: Wakil Presiden Panama, yang sekaligus menjabat sebagai menteri luar negeri, Isabel Saint Malo akan mengunjungi Indonesia, pekan depan. Lawatan ini merupakan lawatan perdana pejabat tinggi Panama setelah dibukanya hubungan diplomatik dengan Indonesia, 39 tahun lalu.
 
“Kunjungan Menlu Malo juga sekaligus hadir di Our Ocean Conference 2018 di Bali. Ini adalah kunjungan perdana Menlu Panama ke Indonesia,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir, di Jakarta, Kamis 18 Oktober 2018.
 
“Panama adalah negara kunci di Amerika Latin, sekitar 60 persen produk ekspor Indonesia yang masuk ke Amerika Latin itu lewat Panama,” lanjut dia.
 
Arrmanatha menambahkan, fokus pertemuan perdana ini adalah kerja sama ekonomi. Di semester pertama tahun 2018, perdagangan kedua negara meningkat hingga 31 persen.
 
“Ekspor utama kita adalah alas kaki, kendaraan bermotor dan minyak kelapa sawit,” tambahnya.
 
Selain itu, akan dibahas pula upaya peningkatkan kerja sama maritim. Pasalnya, Panama merupakan salah satu negara di Amerika Latin yang unggul di bidang maritim terutama di pelabuhan dan perkapalan.
(FJR)