Kim Jong-un Diundang untuk Kunjungi Mongolia

Pemimpin Korut Kim Jong-un. (Foto: AFP)

Ulan Bator: Mongolia mengundang pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un untuk berkunjung ke Ulan Bator. 

Dilansir dari South China Morning Post, Rabu 17 Oktober 2018, undangan tersebut dikirim dari kantor Presiden Mongolia Khaltmaa Battulga pada 10 Oktober lalu ke Pyongyang. 

“Pemimpin Korut bisa datang kapan pun saat ia merasa sudah nyaman,” kata seorang pejabat dari kantor kepresidenan Mongolia. Negara ini pernah menawarkan diri menjadi tuan rumah pertemuan Kim dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sebelum akhirnya mereka bertemu di Singapura.

Mongolia, negara yang terletak di antara Tiongkok dan Rusia ini adalah salah satu dari sedikit negara yang mempertahankan hubungan diplomatik dengan Korut. Tahun ini, kedua negara akan merayakan 70 tahun hubungan diplomatik.

Kakek Kim yaitu Kim Il-sung pernah mengunjungi Mongolia ketika negara itu masih bergabung dengan Soviet pada 1988. Pada 2013, presiden Mongolia saat itu, Tsakhia Elbegdorj mengunjungi Pyongyang dan merupakan kepala negara Mongolia pertama yang bertemu dengan Kim Jong-un.

Hampir 1.200 warga Korut tinggal dan bekerja di Mongolia sampai akhir tahun lalu sebelum sanksi PBB terhadap Pyongyang mengharuskan para pekerja pergi dari Ulan Bator.

(DRI)