Biksu “Jet-Set” Thailand Divonis 36 Tahun Penjara

Wirapol Sukphol (kiri) dijuluki biksu jet-set setelah videonya mengenakan kacamata hitam di jet pribadi muncul di internet. (Foto: YouTube)

Bangkok: Wirapol Sukphol, mantan biksu Buddha di Thailand, dijatuhi hukuman 16 tahun penjara atas tuduhan telah menculik dan memperkosa seorang bocah. Sebelumnya, biksu “jet-set” yang dikenal lewat gaya hidup mewahnya itu divonis 20 tahun penjara atas kasus penipuan, pencucian uang dan kejahatan komputer.

Vonis terbaru untuk Wirapol diputuskan hari ini, Rabu 17 Oktober 2018. Agustus lalu, dia dijatuhi hukuman hingga 114 tahun penjara atas tuduhan penipuan, pencucian uang dan kejahatan digital lainnya.

Baca: Biksu “Jet-Set” Thailand Hadapi Dakwaan Kasus Pelecehan Anak

Namun, dia hanya akan menjalani hukuman 20 tahun atas dakwaan tersebut. Jumlah itu adalah yang paling maksimum untuk seseorang yang dinyatakan bersalah atas beberapa tuduhan pelanggaran yang sama.

Dengan ditambah vonis untuk kasus pelecehan dan pemerkosaan, maka total vonis hukuman untuk Wirapol adalah 36 tahun.

“Dia memperkosa seorang anak berusia 13 tahun dan menculiknya dari neneknya. Pelaku menyangkalnya,” kata seorang petugas Kantor Jaksa Agung Thailand, Thanyanit Nitikrainon, dilansir dari laman Channel News Asia.

“Pengadilan memutuskan dia bersalah atas kedua pelanggaran itu dan menghukumnya delapan tahun untuk masing-masing pelanggaran,” imbuh dia. Baik Wirapol dan pengacaranya tidak bisa dimintai keterangan atas keputusan tersebut.

Pada 2013 dalam sebuah video di Youtube, Wirapol terlihat menyimpan setumpuk uang tunai di jet pribadinya. Pada tahun yang sama, dia dituduh melakukan hubungan seks dengan gadis di bawah umur. Akibat hal tersebut, gelar biksunya dicopot.

(WIL)