SEA Games 2019, Kemenpora Siapkan Pelatnas Terpadu

JawaPos.com – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menyiapkan lokasi pelatnas terpadu untuk para atlet yang akan berjuang di SEA Games 2019 di Filipina. Pemusatan pelatnas akan berlansung disatu titik kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Untuk diketahui, setelah multi event Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018 berakhir, kawasan GBK akan kembali diperuntukan seperti semula. Beberapa cabang olahraga yang selama proses renovasi dipindah ke lokasi lain akan dikembalikan ke sana. 

Walau demikian, Imam menegaskan bahwa atlet yang akan masuk pelatnas terpadu hanyalah atlet elit, alias atlet lapis utama pada cabang olahraga masing-masing. “Kami akan siapkan semua, tentu dengan kesepakatan dan kerelaan para cabang olahraga,” kata Imam, Selasa (16/10)

Menurut Imam, semua atlet utama, atau atlet elit akan dibiayai penuh oleh pemerintah selama proses latihan. Sedangkan untuk para atlet pelapis dan atlet junior yang ikut diberangkatkan ke SEA Games 2019 akan tetap dikembangkan di tempat latihan saat ini.

Imam menuturkan, nantinya para atlet elit juga akan bermalam di Wisma Atlet Kemayoran. Ini untuk menjaga kedisiplinan para atlet di tengah pemusatan latihan.

“Atlet elit nanti tidak perlu menginap hotel lagi, supaya semua aktivitas mereka terpantau, termasuk kebutuhan gizi, dan kebutuhan fisiotrapi. Kalau soal penerapan sport science maupun medisnya kami punya RSON (Rumah Sakit Olahraga Nasional),” tutupnya.

(isa/JPC)