Pelatih 4 Cabor Belum Terima Bonus Asian Games 2018, Ini Kata Menpora

JawaPos.com – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawai angkat bicara soal kabar adanya pelatih dan asisten pelatih dari empat cabang olahraga (cabor) yang urung menerima bonus Asian Games 2018.

Sebagaimana diketahui, pemerintah menjanjikan bonus setiap cabang olahraga yang berhasil meraih medali di Asian Games 2018. Bunus tersebut diberikan bukan hanya kepada atlet, melainkan untuk pelatih dan asisten pelatih.

Namun baru-baru ini beredar surat keterangan dari cabor sepak takraw yang menyatakan pelatihnya belum menerima bonus. Selain sepak takraw, tiga cabor lainnya yang juga mengalami nasib serupa adalah BMX, dayung dan tenis lapangan.

“Untuk sepak takraw sudah disiapkan kok. hanya saja memang belum di ambil,” kata Imam di kantor Bappenas, Menteng, Jakarta, Selasa (16/10).

Sementara untuk tiga cabor lainnya, Imam menjelaskan ia ingin mengetahui duduk perkaranya terlebih dahulu. Pasalnya, sejauh ini dalam Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI) terhadap INASGOC tidak disebutkan secara rinci pemberian bonus untuk asisten dan pelatih.

Imam menduga, tiga cabor tersebut juga tidak bersikap pro aktif sejak awal, sehingga pemberian bonus akhirnya tersendat.

“Dalam hal penganggaran maka harus di bedah lagi mana yang masuk pelatih mana yang masuk asisten pelatih. Berarti ada teknis administratif di level cabor yang tidak pro aktif ke Kemenpora. Kalau saya dari awal sudah berikan perintah untuk segera diberikan, sesuai instruksi Pak Jokowi (Presiden RI, Red),” tutupnya.

(isa/JPC)