Gara-Gara Makan Permen Karet, Anjing Lucu Ini Mati Mengenaskan

SIAPA sangka hanya karena permen karet, seekor anjing campuran husky bernama Canon yang berusia 3 tahun mati. Kejadian ini menjadi pembelajaran untuk siapa pun yang memiliki hewan peliharaan agar memerhatikan makanan mereka.

Dikutip Okezone dari New York Post, kejadian itu terjadi ketika Canon diketahui mengonsumsi sepotong permen karet bebas gula minggu kemarin. Menurut penuturan sang pemilik Canon Christy Figlio, dirinya sangat terpukul dengan kejadian mengenaskan ini. “Saya menangis tak berhenti ketika tahu Canon mati di rumah,” ungkapnya sedih.

BERITA TERKAIT +

Figlio menjelaskan, pada Sabtu semuanya masih baik-baik saja. Canon dan anjing satunya yang bernama Conrad masih terlihat biasa-biasa saja. Sampai akhirnya keesokannya, Figlio melihat Canon tidak aktif seperti biasanya. Padahal, sambung Figlio, kalau kita pulang, Canon akan lompat dan aktif di tubuhnya.

 Baca Juga:  Pertama Kali dalam Sejarah! Wanita Berhijab Menangi Kontes Kecantikan Inggris

Sesuatu yang ganjal semakin terlihat saat keesokan paginya. “Canon terlihat lesu dan tidak ingin bermain-main,” katanya. Kondisinya memburuk hingga sore hari dan ini mendorong Figlio membawanya ke klinik dokter hewan darurat terdekat. Dia mengatakan kondisi terakhir Canon, dia tidak bisa berdiri.

 

Sesampainya di klinik hewan, sang dokter hewan memeriksa darahnya dan menemukan jumlah sel darah putihnya sangat tinggi dan enzim dalam hatinya secara abnormal tinggi.

Awalnya, Canon didiagnosis dengan infeksi hati. Dokter hewan memberinya resep antibiotik sebelum mengirimnya pulang. Tetapi hanya beberapa jam kemudian, pasangan itu dipaksa untuk kembali ke dokter karena Canon tiba-tiba saja kejang-kejang.

Pada pukul 4 pagi hari berikutnya, Figlio dan suaminya dihadapkan pada keputusan sulit untuk menidurkan Canon. Pasangan itu diberitahu bahwa hati Canon “mati” dan darahnya tidak menggumpal dengan benar yang mana ini adalah tanda keracunan xylitol.

Xylitol atau gula alkohol sering digunakan sebagai pengganti gula yang merupakan bahan yang ditemukan dalam barang-barang sehari-hari seperti permen karet bebas gula, pasta gigi, dan sesuatu yang dipanggang di toko, menurut PetMD. Meskipun biasanya tidak berbahaya bagi manusia, bahan ini ternyata dapat mematikan bagi anjing jika tertelan.

 

Tanda-tanda keracunan xylitol pada anjing termasuk kelemahan mendadak, muntah, kejang, gemetar, diare, dan bagian tubuh mati total, menurut Pet Health Network.

Figlio mengatakan dia tidak yakin bagaimana Canon mendapatkan permen karet. Namun dokter menjelaskan, kejadian ini bisa juga terjadi secara tidak sengaja ketika Anda mengajak anjing Anda jalan-jalan sore. Si anjing tidak sadar sudah memakan permen karet yang ada di jalanan.

“Saya belum pernah mendengar keracunan xylitol sebelumnya,” kata Figlio. “Saya selalu khawatir tentang cokelat tetapi itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan ini,” tambah Figlio.

 Baca Juga: Mulailah Seks di Pagi Hari, Banyak Keuntungannya tapi Awas Jangan Telat Kerja Ya!

Ke depan, Figlio berharap kisah ini bisa menjadi pelajaran bagi mereka yang memelihara hewan lainnya.

(dno)