Menlu Palestina Andalkan Indonesia di DK PBB

Menlu Palestina Riyad al-Maliki dan Menlu Retno Marsudi mengikuti CFD di Jakarta, Minggu, 14 Oktober 2018. (Foto: Marcheilla Ariesta)

Jakarta: Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki meyakini Indonesia pasti menyerukan suara kemerdekaan Palestina di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa(PBB). Tahun depan, Indonesia akan memulai jabatan sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

“Kami sangat senang ketika Indonesia terpilih sebagai anggota tidak tetap DK PBB. Indonesia akan merepresentasikan tak hanya suara dari dalam negeri, namun juga suara dari rakyat Palestina,” kata Menlu Maliki di Jakarta, Minggu, 14 Oktober 2018.

Dia mengatakan akan mengandalkan Indonesia untuk menyuarakan kemerdekaan Palestina. “Kami mengandalkan partisipasi dan keanggotaan Indonesia dalam DK PBB untuk merepresentasikan Palestina,” tukasnya.

Menlu Maliki juga meyakini Indonesia pasti akan membawa isu kemerdekaan Palestina di berbagai kesempatan di kancah global. “Kami tahu, DK PBB berada di tangan yang tepat,” imbuh dia.

Baca: Menlu RI dan Palestina Ramaikan CFD

Sabtu kemarin, Menlu Maliki bersama Menlu RI Retno Marsudi meresmikan Palestine Walk di Bandung, Jawa Barat. Peresmian itu merupakan bagian dari Solidarity Week for Palestine. 

“Palestine Walk menggambarkan komitmen Indonesia terhadap perjuangan Palestina dan sebagai pengingat agar semangat perjuangan tetap beresonansi di hati kita,” tutur Menlu Maliki

Solidarity Week for Palestine merupakan agenda yang dibuat Kementerian Luar Negeri RI yang memperlihatkan kepedulian Indonesia terhadap Palestina. Menlu Retno terus menyebutkan bahwa kemerdekaan Palestina berada di jantung politik luar negeri Indonesia.

(WIL)