Anwar Ibrahim kembali ke Politik usai Menangi Pemilu

Anwar Ibrahim menyalami pendukungnya usai meraih kemenangan besar dalam pemilu sela di Port Dickson, Malaysia, 13 Oktober 2018 malam waktu setempat, (Foto: AFP/MOHD RASFAN)

Port Dickson: Anwar Ibrahim menang besar dalam pemilihan umum sela untuk mengisi sebuah kursi di parlemen Malaysia, Sabtu 13 Oktober 2018. Kemenangan ini membuatnya kembali ke dunia politik Malaysia usai sempat dijebloskan ke penjara di masa lalu.

Memenangkan satu kursi di parlemen adalah salah satu syarat bagi Anwar untuk menggantikan Mahathir Mohamad sebagai Perdana Menteri Malaysia. Mahathir yang memenangkan pemilu tahun ini mengaku hanya akan berkuasa dua tahun, dan menyerahkan jabatannya kepada Anwar.

Data dari Komisi Pemilu Malaysia menunjukkan Anwar mendapatkan lebih dari 71 persen suara, mengalahkan enam rival lainnya yang berjuang mendapatkan kursi untuk wilayah Port Dickson.

“Saya senang dengan hasil ini,” ujar Anwar, 71, seperti dikutip dari kantor berita AFP.

Baca: Anwar Ibrahim Diyakini Menang di Pemilu Sela

Anwar berada di penjara saat dirinya menjalin aliansi dengan Mahathir untuk menggulingkan Najib Razak dari kursi PM Malaysia. Ia mengaku sudah memberitahu Mahathir mengenai kemenangannya di Port Dickson, dan sang PM mengaku “senang dengan hasil tersebut.”

“Di Parlemen nanti, saya akan fokus membantu rekan-rekan saya dalam menjalankan reformasi yang efektif,” ungkap Anwar di malam kemenangannya.

James Chin, seorang pakar urusan Malaysia di Universitas Tasmania, berharap Anwar sebaiknya cepat dimasukkan dalam jajaran kabinet PM Mahathir.

“Orang seperti Anwar tidak bisa dibiarkan berada di kursi (parlemen) terlalu lama. Dia harus ada di kabinet,” sebut Chin kepada AFP.

(WIL)