Yuk Rajin Berenang, Bisa Buat Kamu Terhindar dari Kecemasan Loh!

CEMAS adalah salah satu gangguan mental yang kerap dialami seseorang. Apalagi saat menghadapi sebuah masalah kecil, yang membuat perasaanmu terasa khawatir.

Namun sejumlah penelitian ilmiah telah membuktikan, dengan olahraga seseorang dapat membantu mengatasi gangguan kesehatan mental. Seperti apa dampaknya?

BERITA TERKAIT +

Dilansir Okezone dari Thehealthsite, Kamis (10/10/2018), sebuah penelitian berbasis di Inggris baru telah menunjukkan bahwa berenang memiliki dampak positif pada kesehatan mental. Dalam sebuah jajak pendapat oleh YouGov ditugaskan oleh Swim Inggris, terungkap bahwa sekitar 1,4 juta orang dewasa di Inggris telah melaporkan, mereka bisa mengurangi risiko gejala depresi atau kecemasan karena berenang.

 Baca juga: Belum Juga Dibayar, Seniman Ini Terancam Dipenjara karena Membuat Tato untuk Bocah 10 Tahun!

Berenang

Yang mengherankan, 900 ribuan orang dewasa di Inggris yang terlibat dalam studi ini mengatakan, dengan berenang saja, mereka jarang datang ke psikolog. Berdasarkan laporannya, mereka bisa 2-3 kali seminggu berenang, lalu membuat mereka lebih bahagia.

Dari subjek responden, 43% merasa lebih bahagia setelah rajin berenang. Kemudian 26% responden mengaku lebih lebih termotivasi untuk menyelesaikan tugas sehari-harinnya. Ditambah 15% responden, merasa lebih percaya diri dalam memecahkan masalah.

 Baca juga:Seksinya Dewi Perssik Ngulek Rujak Thailand, Bikin Ngiler!

Berenang (Shutterstock)

Selain studi tersebut, ada sebuah penelitian pada tahun 2017 oleh sekelompok peneliti China, juga mengungkap bagaimana berenang bermanfaat bagi kesehatan mental. Studi ini menyatakan bahwa latihan renang memiliki efek positif pada perubahan stres ringan yang tidak dapat diprediksi (CUMS). Terutama yang dipicu oleh perilaku seperti depresi.

Terlepas dari itu, berenang juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot. Karena ada resistensi air, berenang membantu membangun otot tanpa memberi tekanan pada sendi. Ini sangat membantu pasien arthritis, osteoporosis, dan segala jenis nyeri tulang atau sendi lainnya teratasi.

 Baca juga: Ingin Cepat Hamil? Tidurlah yang Cukup dan Berkualitas

Olahraga tersebut juga membuat detak jantung kamu lebih cepat, fungsi paru-paru baik dan sirkulasi darah lancar. Sebab, berenang menggabungkan latihan kardio dan kekuatan otot. Sehingga, ada banyak alasan mengapa kamu harus segera menjadikan berenang ini sebagai hobi.

(rzy)