Selain Stres, 7 Hal Ini Bisa Sebabkan Kamu Telat Menstruasi

MASALAH terbesar pada wanita adalahnya telat menstruasi, karena telat menstruasi dapat mendeteksi suatu masalah pada rahim. Banyak kasus wanita telat datang bulan, bahkan hingga tiga sampai lima bulan. Ada beberapa alasan telat menstruasi, salah satunya adalah stres. Hal ini karena stres dapat menyebabkan hipotalamus yang bertugas mengatur komunikasi antara hormon dan sistem saraf berhenti untuk memproduksi hormon. Termasuk hormon yang terkait dengan siklus menstruasi.

Rata-rata wanita memiliki periode menstruasi setiap 28-35 hari setiap bulan. Menstruasi bisa dikatakan terlambat jika telah lebih dari 35 hari. Masalah ini pasti membuat banyak wanita khawatir. Selain stres, ada alasan lain kenapa Anda telat datang bulan, sebagaimana dilansir Okezone dari Newhealthadvisor, Kamis (11/10/2018)

BERITA TERKAIT +

1. Menyusui

Bagi wanita yang telah menikah, meskipun Anda tidak lagi hamil, menyusui dapat memengaruhi siklus menstruasi Anda. Ini dikarenakan hormon yang membantu untuk produksi susu memengaruhi hormone menstruasi. Siklus menstruasi akan kembali normal jika Anda sudah tidak menyusui.

2. Kelebihan dan kekurangan berat badan

Slain dapat menyebabkan penyakit jantung, kegemukan atau terlalu banyak lemak dapat meningkatkan produksi estrogen dan terlalu sedikit sel lemak berarti terlalu sedikit estrogen. Kedua kasus dapat menyebabkan siklus menstruasi berhenti sampai estrogen kembali seimbang.

Baca Juga: Beredar Foto yang Diambil pada Tahun 1940, Ada Sosok yang Bikin Geger Jagad Maya!

3. Menopause

Menopause terjadi ketika wanita telah berusia antara 40 sampai 50 tahun. Selama masa menu menopause, Anda mungkin akan sering terlambat datang bulan, satu hingga dua bulan sekali. Durasi menstruasi Anda juga mungkin menjadi lebih singkat atau mungkin hanya berupa flek.

4. Alat kontrasepsi

Ada beberapa cara untuk mengendalikan tahun kelahiran anak. Memakai alat konstrasepsi dapat menyebabkan perubahan pada siklus menstruasi Anda. Wanita yang menggunakan pil KB juga dapat menyebabkan hal serupa. Anda mungkin akan terlambat menstruasi hingga 2 bulan.

pil kb

5. Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikisik adalah gangguan keseimbangan kadar hormonal. Gangguan hormonal ini mencegah ovulasi dan memengaruhi siklus menstrusi. Gejala lain dari gangguan ini yaitu peningkatan gula darah, obesitas pada beberapa wanita, pertumbuhan rambut tubuh berlebih dan infertilitas.

Baca Juga: Ditilang Malah Ajak Polisi Seks Threesome, Selebgram Seksi Ini Tanggung Akibatnya

6. Penyakit Tiroid

Jika Anda memiliki penyakit hipotiroid atau hipertiroid, ketidakseimbangan hormon tersebut dapat mengubah siklus menstruasi Anda. Gejala lain yang Anda alami yaitu rambut rontok, tangan gemetar, bobot berat badan, kelelahan, dan kabut otak (hilang ingatan atau kesulitan fokus).

7. Abnormalitas sistem reproduksi

Ketidaknormalan sistem reproduksi wanita bisa terjadi karena bekas luka dari operasi uterus, kongenital atau kelainan rahim sejak lahir. Hal tersebut dapat menyumbat pembukaan ke vagina yang memengaruhi sumbatan darah menstruasi.

(hel)